Klinik Aborsi Legal Di Indonesia

06/07/2018

 

Indonesia, salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia memang belum melegalkan aborsi. Hal tersebut masih menjadi perdebatan di pemerintahan mereka. Beberapa pihak mendukung keberadaan klinik aborsi legal di Indonesia untuk menghindari oknum-oknum klinik aborsi yang menyediakan jasa aborsi tanpa pengawasan pemerintah. Sebagian pihak menolak melegalkan klinik aborsi di Indonesia, karena dianggap melanggar norma-norma ketimuran dan kaidah agama bagi mayoritas warganya.

Namun saat ini, ditengah konflik legal atau tidak suatu klinik yang menyediakan jasa aborsi, klinik aborsi sudah menjamur di beberapa kota terutama kota besar seperti Jakarta. Beberapa kejadian penggrebekan dan penangkapan oknum klinik aborsi ilegal di Jakarta beberapa tahun terakhir sudah membuktikan eksistensi klinik aborsi ilegal di Indonesia. Klinik aborsi ilegal di Jakarta atau kota besar lainnya di Indonesia memang sudah beroperasional sejak lama. Di Jakarta sendiri, keberadaan klinik aborsi ilegal ini relatif mudah ditemukan. Keberadaannya tidak tersembunyi atau terpelosok atau bahkan diam-diam. Di beberapa kawasan jalan seperti raden saleh, cikini dan salemba misalnya, terdapat beberapa papan atau plang yang menunjukkan ke arah sebuah klinik. Mudah untuk ditebak bahwa klinik yang dimaksud adalah klinik aborsi.

Menurut beberapa sumber, klinik aborsi ilegal tersebut dikelola oleh orang-orang yang memang sudah lama menggeluti dunia aborsi di Jakarta. Ironisnya, petugas klinik aborsi ilegal tersebut adalah orang-orang kesehatan seperti dokter, bidan dan perawat. Bukan mustahil memang, karena uang yang mereka dapatkan memang cukup menggiurkan. Di salah satu surat kabar ternama di Indonesia menyebutkan bahwa biaya aborsi di klinik aborsi tersebut secara terang-terangan. Dengan biaya yang relatif murah dibanding harus mengurus administrasi dan peraturan-peraturan lainnya di rumah sakit untuk melakukan kuret yang terbilang ribet, biaya tersebut per bulan tersebut cukup ampuh untuk menarik banyak pasien.

Pasien-pasien aborsi di Indonesia memang wajar bila tumbuh subur. Akibat perkembangan zaman, teknologi dan pergaulan, seks bebas merajalela di kalangan anak muda. Minimnya pendidikan seks sejak dini menjadi salah faktor pendorong tingginya angka seks bebas di kalangan pemuda Indonesia. Pergaulan yang tidak dikontrol dengan baik oleh orangtua, atau akibat dari keluarga broken home juga mendorong seks bebas di kalangan anak muda.

Klinik Aborsi Legal di Amerika

Indonesia bukan seperti negara-negara maju lain seperti Amerika yang sudah melegalkan tindakan aborsi. Di Amerika itu cukup mudah ditemui klinik aborsi legal, tidak seperti Indonesia. Salah satu contoh adalah NAF (National Federation Abortion).

Untuk Indonesia, juga ada 1 klinik aborsi legal klinikradensaleh.info. Klinik aborsi ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki syarat-syarat tertentu sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar RI. Disamping itu, menjamur pula beberapa klinik aborsi yang ilegal, Nah ini seperti yang dibahas tadi bahwa klinik ini ilegal namun “still easy to find“. Menurut berita yang beredar disekitar klinik yang dilegalkan oleh Indonesia tersebut juga berdiri klinik-klinik ilegal yang memang ditangani oleh dokter spesialis. Bukan hanya dokter saja, bahkan penanganannya dibantu oleh bidan dan perawat profesional.

http://klinikradensaleh.info/