Cara Mengetahui Usia Kehamilan

Usia KehamilanSeorang wanita yang sedang mengandung / hamil belum tentu tahu berapa besar atau berapa minggu usia kehamilannya sebelum dia periksa ke dokter kandungan. Secara medis ada beberapa cara memeriksa usia kehamilan seperti USG ataupun dengan cara manual yaitu dengan cara menekan perut(palpasi). Namun cara itu hanya dimengerti oleh dokter kandungan dan orang medis saja. Tetapi ada satu cara yang bisa diketahui oleh siapa saja yaitu melalui tanggal menstruasi terakhir.

Di sini kami akan menjelaskan secara umum tentang perhitungan kehamilan berdasarkan tanggal menstruasi terakhir, misalnya Anda mendapat menstruasi setiap tanggal 1 setiap bulannya, maka apabila tanggal 1 bulan berikutnya Anda tidak mendapat menstruasi yaitu lewat dari tanggal 1 hingga tanggal 10 dan sudah ditestpack urine positif (terdapat garis dua pada alat testpack) maka perhitungannya adalah: 10 hari + 1bulan = +/- 5mgg 3hr. Mengapa demikian? Karena dimana tgl 1 anda tidak dapat menstruasi maka disitu kehamilan Anda sudah terhitung 1bln (4mgg) lalu ditambahkan dengan 10hr keterlambatan menjadi sekitar 38hr (5mgg 3hr).

Untuk lebih mudah memahaminya silahkan dihitung saja berapa hari lewat dari tanggal menstruasinya lalu tambahkan 30 hari dan hitung jumlahnya berapa hari maka hasilnya tersebutlah usia kehamilan Anda. Semoga keterangan singkat ini bisa dipahami. Untuk membuktikan perhitungan tersebut Anda boleh melakukan pemeriksaan langsung di Klinik Raden melalui alat USG oleh dokter kandungan .

 

Apabila anda ingin konsultasi lebih lanjut anda bisa menghubungi kami dan bila Anda membutuhkan tindakan kuretase yang ditangani oleh dokter kandungan Anda juga boleh menghubungi kami di nomor:

0822.11.999.0000 / 0857.11.999.000